SEKILAS INFO
: - Kamis, 28-03-2024
  • 1 minggu yang lalu / Telah di buka SEDEKAH BUKA PUASA UNTUK SANTRI Darul Fithrah, mari kita raih pahala sebanyak banyaknya salah satunya dengan memberi makan dan minum orang yg berpuasa di bulan Ramadhan yg mulia ini.
  • 1 minggu yang lalu / Bulan Ramadhan adalah bulan Al Qur’an , mari kita gunakan waktu di bulan Ramadhan ini untuk memperbanyak membaca dan mentadabburi isi Al Qur’an.
  • 2 bulan yang lalu / Bingung pilih pondok Tahfidz atau pondok IT ? di Darul Fithrah kamu bisa dapat keduanya. Lebih Efektif & Efisien
Al – Qur’an Jalan keluar Permasalahan

Setiap umat beragama pasti memiliki kitab suci masing masing, sesuai yang diajarkan dan sesuai kepercayaan masing masing. Begitu juga dengan umat islam, mereka mempunyai kitab suci Al -Quran sebagai pedoman dan petunjuk dalam beragama. Sebagai umat islam, haruslah berpedoman dan berpegang teguh dalam ajaran yang tertulis dalam kitab suci Al -qur’an.

Menurut Bahasa, Al–Qur’an berati bacaan atau yang dibaca. Menurut istilah, Al-Qur’an adalah wahyu Allah SWT yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril sebagai petunjuk bagi umat manusia. Al-Qur’an diturunkan untuk menjadi pegangan bagi mereka yang ingin mencapai kebahagian dunia dan akhirat. Al-Qur’an menggunakan bahasa Arab dan merupakan mukjizat bagi rasulullah SAW. Sebagian besar ayat-ayat Al- Qur’an diturunkan di kota Mekah dan kota Madinah. Isi yang terkandung dalam Al-Qur’an terdapat 6.236 ayat 114 surat dan 30 juz. (Rudiyanto, 2014).

Setiap manusia pasti memiliki permasalahan masing – masing, satu dengan yang lain berbeda beda, tapi juga Sebagian memiliki kesamaan. Sebuah permasalahan bisa datang dari faktor eksternal ataupun internal. Masalah merupakan hal yang menjengkelkan, namun anehnya selalu membayangi di setiap kehidupan. Sebagian mengatakan bahwa hidup dengan masalah merupakan Langkah awal menjadi orang hebat, namun faktanya Sebagian besar mengeluh akan masalah yang di hadapi, bahkan lari undur diri.

Terlepas dari itu semua, Allah SWT sudah memberikan solusi dari masalah yang harus di hadapi, melalui kitab suci yang diwahyukan kepada sang Nabi. Harus di akui Al-Qur’an merupakan jawaban dari setiap permasalahan. Semua permasalahan tentunya sudah terjadi ataas izin Allah, sehingga agar tidak berlarut dalam permasalahan, haruslah Kembali ke Allah agar di berikan jawaban dari berbagai persoalan.

Mencari solusi persoalan yang di hadapi dari Al Quran adalah perintah Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqoroh ayat 38 yang artinya: “Turunlah kamu semua dari surga itu! Kemudian jika datang petunjuk-Ku kepadamu, maka barangsiapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.”

Juga dalam surat Q.S Al-Baqarah: 153 Allah juga mengatakan : “Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar.” Ayat di atas tentunya sudah tidak asing di telinga, yang jadi pertanyaan adalah apakah sudah betul-betul menjalani perintah Allah seperti ayat tersebut?. Sesuai dengan ayat tersebut ada 3 syarat dari Allah agar mendapatkan pertolongan yaitu beriman, sabar dan sholat.

Hanya saja manusia lalai dari kehidupan beragama, mereka memilih berfoya foya, untuk penenang dari setiap masalahnya, padahal dengan itu mereka justru akan semakin tertekan dan semakin jauh dari titik kemudahan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Arsip