SEKILAS INFO
: - Jumat, 29-03-2024
  • 1 minggu yang lalu / Telah di buka SEDEKAH BUKA PUASA UNTUK SANTRI Darul Fithrah, mari kita raih pahala sebanyak banyaknya salah satunya dengan memberi makan dan minum orang yg berpuasa di bulan Ramadhan yg mulia ini.
  • 1 minggu yang lalu / Bulan Ramadhan adalah bulan Al Qur’an , mari kita gunakan waktu di bulan Ramadhan ini untuk memperbanyak membaca dan mentadabburi isi Al Qur’an.
  • 2 bulan yang lalu / Bingung pilih pondok Tahfidz atau pondok IT ? di Darul Fithrah kamu bisa dapat keduanya. Lebih Efektif & Efisien
IBNU ABDIL BARR | Faqih Dari Negeri Andalusia

IBNU ABDIL BARR

Oleh: Wahyuddin

  1. Nama dan Nasab Beliau

Nama beliau adalah Yusuf bin Abdullah bin Muhammad bin ‘Ashim an Namari. Nama panggilan beliau adalah Abu Umar. Nasab ini adalah yang disepakati dalam mayoritas sumber referansi.

Ada riwayat yang menyebutkan beliau adalah Yusuf bin Umar bin Abdul Barr bin Abdillah bin Muhammad bin Abdil Barr an-Namari.

Ayah beliau adalah seorang ahi fikih di negeri Qurthubah atau Cordova

  1. Lahir

Ibnu Abdil Barr lahir di Qurthubah pada akhir tahun 368 H. Riwayat lain menyebutkan beliau lahir pada tahun 362 H. Thahir bin Mufawwaz, salah seorang sahabat beliau, berkata: saya mendengar Abu Umar berkata: saya lahir pada hari Jum’at, ketika imam khutbah jum’at, tepatnya bulab Rabi’ul Akhir tahun 368 H

  1. Riwayat Hidup dan Menuntut Ilmu

Beliau mengawali kehidupannya di negeri Qurthubah. Yaitu di sebuah rumah ilmu dan penuh kebaikan. Ayah beliau bernama Abdullah bin Muhammad. Dia adalah salah seorang ulama dan ahli fikih di negeri Qurthubah. Beliau adalah seorang ahli ibadah dan seorang mujtahid, ahli dalam ilmu satra. Dan beliau pun memiliki berbagai karya dan matan-matan syair.

Sifat keulamaan dari sang ayah memberi pengaruh kepada diri Ibnu Abdil Barr dan menjadikan proses pertumbuhannya menjadi sebuah proses yang baik. Arahan itu telah ada sejak sebelum beliau berusia baligh. Ayah beliau meninggal pada tahun 380 H, beliau belum pernah mendengar satu hadits pun dari sang ayah. Ketika ayahnya meninggal beliau berusia 12 tahun dan Ibnu Abdil Barr mulai berkelana menuntut ilmu pada tahun 390 H. kehidupan awal beliau di Qurthubah memberikan sebuah pengaruh yang sangat besar dalam membentuk pribadi ilmiyah dan seorang ulama sehingga beliau pun memiliki bekal dalam berbagai disiplin ilmu dan pengetahuan.

Negri Qurthubah saat itu adalah ibu kota khilafah di Andalusia dan sebagai kota tempat kunjungan bagi para raja, negeri ilmu dan peradaban. Maka negeri itu pun terdapat banyak ulama dari berbagai bidang ilmu, negeri tersebut merupakan salah satu basis sunnah dan jamaah, karena sejumah generasi tabiin dan tabiut tabiin berada di sana. Maka layak negeri tersebut menjadi sumber peradaban Islam di negeri bagian barat. Tidak sedikit manusia yang berusaha keras untuk pergi ke negeri tersebut dengan tujuan mendengarkan riwayat hadits, belajar sastra dan ilmu fikih dan berbagai macam ilmu lain. Negeri Andalus secara keseluruhan memiliki keistimewaan, khusunya penduduk Qurthubah. Mereka sangat antusias mencari ilmu. Dari sanalah beberapa buku tersebar ke seluruh penjuru negeri. dalam kondisi miliu yang penuh dengan cakrawala ilmu inilah Ibnu Abdil Barr tumbuh sebagai pemuda yang fakih. Beliau belajar fikih di sana, beliau pun banyak mengambil ilmu dari beberapa tokoh ulama dan hadits serta beliau pun menulisnya di hadapan mereka. Beliau tidak segan-segan untuk bermulazamah kepada mereka untuk mencari ilmu, terutama dalam bidang fikih dan hadits.

Ibnu Abdil Barr belum merasa cukup hanya menimba ilmu hanya dari ulama bumi Qurthubah saja. Beliau lalu melanjutkan studinya pula dari ulama yang datang ke negeri Qurthubah. Beliau banyak mendengarkan hadits dari para tokoh terkemuka dari pakar hadits di Qurthubah dan orang-orang yang datang ke Qurthubah dari bagian barat.

Ibnu Abil Barr, meskipun beliau tidak keluar dari negeri Andalusia, namun beliau telah melakukan lawatan ke distrik-distrik yang termasuk bagian dari negeri tersebut. Dari wilayah bagian timur hingga barat negeri Andalusia. Beliau sempat tinggal di Daniyah,1 Balnisia,2 Syathibah3 dan lain-lain.

Hidup beliau selalu berkelana. Sebab yang mendorong beliau untuk berpindah dari satu negeri ke negeri lain adalah faktor kondisi politik pada saat itu yang selalu berubah. Sebab saat itu banyak terjadi pertempuran dan timbul finah, terutama di negeri Qurthubah. Dan ternyata banyak pula ulama-ulama pada saat itu dengan terpaksa keluar dari negeri tersebut. Ada faktor lain bagi beliau, yaitu beliau merasa memiliki harga diri (kemuliaan) dan tidak rela dengan kehinaan. Beliau tidak ingin menghinakan ilmu. Apabila beliau melihat penduduk sebuah negeri ingkar dan menolak, baliau tidak segan-segan untuk meninggalkan negeri tersebut dan keluar menuju negeri lain.

Pengaruh dari kehidupan beliau yang selalu berkelana adalah semakin banyak ilmu yang beliau miliki, sebab dengan demikian beliau banyak bersentuhan dan bertemu dengan para ulama. Demikian pula dengan aktivitas menyebarkan ilmu dan jumlah murid beliau yang semakin banyak. Kemampuan beliau dalam berbagai ilmu adalah: Beliau seorang faqih, hafizh, mengatahui ilmu qiraat dan ikhtilaf dalam fiqih. Beliau pun menguasai ilmu hadits beserta para rijalul hadits serta guru beliau pun sangat banyak.

Madzhab yang beliau anut adalah maliki, akan tetapi beliau tidak bersikap taqlid, beliau mencela sikap taqlid.

  1. Guru-Guru Ibnu Abdil Barr

Ibnu Abdil Barr menuntut ilmu dari beberapa guru di negeri Qurthubah dan juga dari para ulama yang datang ke negeri Qurthubah. Guru beliau lebih dari 100 ulama. Di antara mereka ada yang diambil ilmunya secara lisan dan juga tulisan:

  1. Ahmad bin Abdullah bin Muhammad al Baaji, beliau dipanggil Abu Umar. Beliau adalah ulama yang sangat maju dalam pemahamannya, mengerti akan seluk-beluk persoalan hadits dan beliau sangat berwibawa. Ibnu Abdul Barr mendengar hadits dari beliau sangat banyak. Beliau lahir tahun 332 H dan meninggal tahun 396 H.

  2. Ahmad bin Abdul Malik bin Ibrahim al Isybili, beliau dikenal dengan sebutan Ibnu al Makwa dan dipanggil Abu Umar. Beliau adalah mufti negeri Qurthubah. Beliau lahir tahun 324 H dan wafat tahun 401 H.

  3. Ahmad bin Muhammad bin Ahmad bin Said bin al Habab bin al Jusur al Umawi. Beliau adalah asli dari Qurthubah, ahli hadits dan faham tentang rijal hadits. Beliau lahir tahun 319 H dan wafat tahun 401 H.

  4. Ahmad bin Muhammad bin Abdillah ath Thalmanki, biasa dipanggil Abu Umar. Beliau tinggal di Qurthubah. Beliau lahir tahun 340 H dan wafat tahun 429 H.

  5. Khalaf bin Qosim bin Sahl yang terkenal dengan sebutan Ibnu ad Dibagh, dia adalah seorang muhaddits di Qurthubah beliau pernah ke Masyriq. Beliau lahir 325 H dan wafat tahun 393 H.

  6. Abdurrahman bin Muhammad bin Isa bin Fathis. Beliau dipanggil Abu al Muthrif. Beliau termasuk pemuka para ulama, beliau hafal tentang ilah-ilah hadits, faham tetang para rijalul hadits. Di antara karya beliau adalah Asbabu an Nuzul (100 jilid), fadhailu ash Shahabah (100 jilid), Ma’rifatu at Tabiin (150 jilid). Beliau lahir 348 H dan wafat tahun 402 H.

  7. Abdullah bin Muhammad bin Abdurrahman bin Asad al Juhani. Beliau lahir tahun 310 H dan wafat tahun 395 H.

  8. Abdullah bin Muhammad bin Yusuf bin Nashr al Azdi, beliau lebih dikenal dengan Ibnu al Fardhi, dan biasa dipanggil Abu al Walid. Beliau adalah penduduk Qurthubah. Beliau adalah guru dalam bidang hadits dan sastra. Beliau lahir tahun 351 H dan wafat tahun 403 H.

  9. Abdul Warits bin Sufyan bin Jabrun, dikenal dengan al Habib. Beliau lahir tahun 317 H dan wafat 395 H.

  10. Yunus bin Abdillah bin Muhammad bin Mughits, dikenal dengan Ibnu ash Shaffar. Beliau adalah salah satu guru dalam bidang hadits dan fiqih. Beliau lahir tahun 338 H dan wafat tahun 329 H.

  1. Murid-Murid Ibnu Abdil Barr

Beliau di sebut orang yang paling hafizh di negeri bagian barat. Orang yang alim di Andalusia dalam masalah sunnah dan atsar dan mengetahui tentang ikhtilaf ulama Mesir dan Kufah.

Di antara murid-murid beliau adalah:

  1. Ahmad bin Muhammad bin Razaq al Umawi, dia dari penduduk Qurthubah, dipanggil Abu Ja’far. Beliau lahir tahun 427 H dan wafat tahun 477 H.

  2. Hussain bin Muhammad bin Ahmad al Ghassani, seorang muhaddits di negeri Qurthubah, beliau dipanggil Abu Ali. Beliau lahir tahun 427 H dan wafat tahun 498 H.

  3. Sufyan bin al ‘Ashy bin Ahmad bin al ‘Ashy bin Sufyan al Asadi, beliau dipanggil Abu Bahr, seorang yang faqih dalam persoalan riwayat. Beliau lahir tahun 440 H dan wafat tahun 520 H.

  4. Thahir bin Mufawwaz bin Ahmad al Mu’afiri, dia dari negeri Syathibah, beliau dipangil Abu al Hasan. Beliau lahir tahun 423 H dan wafat tahun 484 H.

  5. Abdurrahman bin Muhammad bin ‘Atab bin Muhsin dari penduduk Qurthubah, beliau dipanggil Abu Muhammad. Beliau lahir tahun 433 H dan wafat tahun 520 H.

  6. Ali bin Ahmad bin Said bin Hazm al Farisi, beliau dari penduduk Qurthubah, beliau dipanggil Abu Muhammad. Beliau lahir tahun 384 H dan wafat tahun 456 H.

  7. Muhammad bin Abi Nashr Futuh bin Abdillah al Azadi al Hamidi, beliau dipanggil Abu Abdillah. Beliau lahir tahun 420 H dan wafat tahun 488 H.

  8. Muhammad bin Ali bin Abdul Aziz at Taghlabi, beliau dipanggil Abu Abdillah. Beliau lahir tahun 439 H dan wafat tahun 508 H

  9. Musa bin Abdurrahman bin Khalaf bin Musa bin Abu Talid, beliau dipanggil Abu Imran dari Negri Syathibah. Beliau lahir 444 H dan wafat tahun 417 H.

  10. Yusuf bin Abdul Aziz bin Abdurrahman bin ‘Adis al Anshari, beliau dipanggil Abu al Hajjaj. Beliau wafat tahun 505 H.

  1. Karya-Karya Ibnu Abdil Barr

Di antara buku yang beliau tulis adalah:

  1. al Ajwibah al Mau’ibah fi al masail al mustaghribah fi kitabi al Bukhari (makhthuth)

  2. Akhbaru Aimmatu al Amshar (Makhthtuth)

  3. Ikhtishar Tarikh Ahmad bin Said bin Hazm al Baluthi (Makhthuth)

  4. Ikhtishar kitabi at Tamyiz (Makhthtuth)

  5. Ikhtlafu Ashhabi Malik bin Anas wa ikhtilafi Riwayatihim ‘anhu (Makhthtuth)

  6. Al istidzkar fi Syarhi Madzahibi ulama al Amshar mimma Rasama Malik fi Mauthiihi min ar ra’yi wa al atsar (sebagian telah dicetak)

  7. Al Istizhhar fi Thuruqi haditsi Ammar (Makhthuth)

  8. Dll

Karya beliau mencapai 39 karya dan mayoritas karya-karya itu masih dalam bentuk manuskrip dan belum diterbitkan.

  1. Wafatnya Ibnu Abdil Barr

Beberapa sumber sepakat menyebutkan bahwa Ibnu Abdil Barr wafat pada bulan Rabi’ul Akhir tahun 463 H, yaitu ketika berumur 95 tahun 5 hari di kota Syathibah Andalusia. Riwayat yang berbeda adalah al Hamidi pengarang buku Jadzwatu al Muqtabis, yaitu beliau wafat tahun 460, akan tetapi pendapat ini tidak tepat, sebab beliau meninggalkan negeri Andalusia ketika Ibnu Abdil Barr masih hidup dan buku ini beliau tulis setelah wafatnya Ibnu Abdil Barr sekian lama.

Beliau pun pernah berkata: “Saya meninggalkan Ibnu Abdil Barr ketika beliau masih hidup, saya keluar dari Andalus pada tahun 448 H. Kemudian setelah itu datang kabar bahwa beliau wafat, dan orang yang memberitahu beliau bahwa beliau wafat tahun 460 H. Ketentuan ini menyelisihi mayoritas sumber referensi, maka pendapat ini tidak bisa menjadi sandaran kuat.

  1. Sanjungan Para Ulama Kepada Ibnu Abdil Barr

Al Hamidi berkata: “Abu Umar adalah seorang faqih, banyak memiliki hadits, mengetahui ilmu qiraat, mengetahui ikhtilaf dalam fiqih, ilmu hadits dan para rijalnya.. dan beliau banyak sekali menyusun karya-karya yang bermanfaat.”

Abu Al Walid berkata: “Belum ada di negeri Andalusia orang seperti Abu Umar bin Abdil Barr dalam masalah hadits.”

Abu Ali –Pengarang Tartibu al Madarik– berkata: “saya mendengar Abu Umar berkata: belum ada seorang pun yang lebih faqih daripada Qosim bin Muhammad dan Ahmad bin Khalid. Abu Ali berkata: dan saya katakan bahwa Abu Umar adalah orang yang berada diurutan kedua setelah orang tersebut dan tidak ada sebelumnya.”

  1. Manhaj Ibnu Abdil Barr

  1. Manhaj Talaqqi Ibnu Abdil Barr dalam Persoalan Aqidah

  • Berpegang teguh dengan al Qur’an dan sunnah serta menolak metodologi ahli kalam dan takwil batil

Sumber utama bagi ahlussunnah adalah al Qur’an dan sunnah. Ibnu Abdil Barr tidak keluar dari manhaj ini, sebagaimana yang beliau ucapkan, “Petunjuk adalah seluruh petunjuk dalam mengikuti kitab Allah dan sunnah rasulullah yang merupakan penjelas bagi kitabullah …”

“Ahlul islam sepakat bahwa ilmu pengetahuan bagi agama ini ada tiga bagian: pertama, pengetahuan tentang iman dan islam, yaitu tauhid dan ikhlash. Tidak akan sampai seseorang menuju ilmu itu melainkan dengan melalui petunjuk nabi, dialah yang melaksanakan perintah dari Allah dan orang yang menjelaskan kehendak Allah. Demikian pula perintah yang terdapat dalam al Qur’an dengan mengambil pelajaran dari ciptaan Allah …”

Beliau pun berkata: “Tidak ada aqidah dalam shifat dan nama-nama-Nya melainkan apa yang datang dan termaktub dalam kitabullah atau yang jelas shahih dari rasulullah atau ijmak para ulama serta hadits-hadits ahad atau semisalnya, semua diterima tanpa perlu lagi meragukannya.” (h.70-71)

  • Menerima hadits ahad

Ibu Abdil Barr berkata: Para ulama dari ahli fiqih dan hadits di seluruh negeri telah berijmak untuk menerima khabar ahad ang adil, mengamalkannya jika tidak terdapat dalil yang memansukhnya baik dari hadits atau ijmak. Demikian pula para fuqoha di setiap masa sejak generasi sahabat hingga hari ini, kecuali dari kelomok khawarij dan para ahli bid’ah, maka mereka tidak termasuk kabar yang diterima. (h.120)

  • Mensikapi ahli bid’ah

Ibnu Abdil Barr berkata: “Adapun mengada-adakan sesuatu dalam persoalan dunia, maka yang demikian tidak mengapa dan pelakunya tidaklah tercela.”

Beliau berkata tentang menghajr ahli bid’ah: “Tidak apa-apa menghajr ahlu bid’ah, memutus hubungan dengan mereka dan tidak mengucapkan salam kepadanya.”

Beliau juga berkata tentang menshalatkan ahli bid’ah: “Pendapat tidak menshalatkan mereka, maksudnya adalah tidak dilakukan oleh para ulama dan ahli ilmu serta pemuka agama, sebab bagi merkea tindakan itu dilarang dengan harapan agar kebid’ahan tersebut dapat ditinggalkan. Adapun jika tidak menshalatkan mereka jika mati sama sekali (oleh kaum muslimin), maka itu tidaklah dilakukan, bahkan sunnah dan ijmak mengatakan untuk menshalatkan siapa saja yang mengucapkan kalimat la ilaha illallah, baik dia ahlu bid’ah ataupun pelaku dosa besar. (h.154)

  1. Aqidah Ibnu Abdil Barr dalam Masalah Iman

  • Iman adalah perkataan dan perbuatan

Ibnu Abdil Barr berkata: “ulama ahli fiqih dan ahli hadits telah ijmak bahwa iman adalah perkataan dan perbuatan, dan tidak ada amal tanpa ada niat … seluruh ketaatan adalah keimanan. (h.454)

  • Iman itu bertambah dan berkurang

Ibnu Abdil Barr berkata: Imam itu dapat bertambah dan berkurang, akan berkurang oleh karena kemaksiatan dan bertambah oleh karena ketaatan.” (h.491)

  • Pelaku dosa besar

Ibnu Abdil Barr berkata: “Apabila pelaku dosa besar mati, maka dia akan kembali kepada Allah, jika Allah berkehendak Dia akan mengampuninya dan jika Dia berkehendak pun Dia akan mengadzabnya. Jika Dia mengadzab, itu karena kejahatan yang ia lakukan dan jika Dia mengampuni, maka dia adalah golongan yang mendapat pengampunan. Apabila dia bertaubat sebelum mati dan sebelum sakaratul maut, dia menyesalinya dan yakin tidak akan mengulangi kemaksiatannya lagi serta meminta ampunan, maka dia seperti orang yang tidak berbuat dosa. Demikianlah beberapa atsar dan hadits shahih dari ulama salaf dan mayoritas ulama pun berpendapat demikian.” (h.509)

Diringkas dari buku: ‘Aqidah al Imam Ibnu Abdil Barr Fi at Tauhid wa al Iman

Oleh: Sulaiman bin Shalih bin Abdul Aziz al Ghashn

Penerbit: Dar al ‘Ashimah, cetakan pertama 1426 H / 1996 M

1 Sebuah negeri di Andalusia di bagian timur, penduduk setempat terkenal sebagai orang-orang yang banyak menjadi ahli qiraah yang datang ke negeri tersebut.

2 Sebuah negeri di Andalusia yang terkenal sebagai distrik yang memiliki tumbuhan pepohonan dan aliran sungai sehingga dikenal kota debu. Penduduk setempat adalah penduduk Andalusia yang paing pandai bahasa Arab dan dinamakan orang Arab Andalusia.

3 Negeri di bagian timur Andalus, sebelah timur Qurthubah. Kota ini pun banyak melahirkan para ulama yang besar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Arsip