SEKILAS INFO
: - Kamis, 28-03-2024
  • 1 minggu yang lalu / Telah di buka SEDEKAH BUKA PUASA UNTUK SANTRI Darul Fithrah, mari kita raih pahala sebanyak banyaknya salah satunya dengan memberi makan dan minum orang yg berpuasa di bulan Ramadhan yg mulia ini.
  • 1 minggu yang lalu / Bulan Ramadhan adalah bulan Al Qur’an , mari kita gunakan waktu di bulan Ramadhan ini untuk memperbanyak membaca dan mentadabburi isi Al Qur’an.
  • 2 bulan yang lalu / Bingung pilih pondok Tahfidz atau pondok IT ? di Darul Fithrah kamu bisa dapat keduanya. Lebih Efektif & Efisien
Fungsi Flashdisk yang Jarang Diketahui

Di artikel sebelumnya kita sudah membahas fungsi flashdisk panjang lebar secara umum. Disini kami akan jelaskan fungsi flashdisk yang jarang diketahui orang awam. Fungsi flashdisk yang jarang diketahui kebanyakan orang, tapi sangat penting.

Flashdisk ternyata bisa digunakan sebagai pengganti CD atau DVD untuk menginstall sistem operasi seperti Windows atau Linux. Bagaimana cara install Windows atau Linux dengan flashdisk? Ini dia salah satu caranya:

Cara Instal Windows dengan flashdisk

Untuk install Windows menggunakan flashdisk, kita perlu software yang bernama Rufus. Caranya sangat mudah, tak perlu tutorial khusus untuk ini. Berikut ini snapshot penggunaan Rufus.

instal windows dengan rufus

Instal windows dengan rufus

gh

Cara Install Linux dengan Flashdisk

Tak jauh berbeda dengan Windows, cara Install Linux dengan flashdisk juga bisa dilakukan. Salah satu software yang bisa digunakan adalah Universal USB Installer.

universal usb instaler

universal usb instaler

Ada banyak sekali alternatif software lain yang bisa anda gunakan untuk menginstall sistem operasi menggunakan flashdisk. Cukup dengan Googling, anda bisa menemukan banyak alternatif lain. Rata-rata software untuk memindahkan isi DVD installer Windows/Linux ini berukuran kecil.

Bagi yang masih belum paham, caranya sederhana. Software ini akan menyalin isi DVD ke flashdisk, lalu membuat flashdisk tersebut bisa melakukan booting. Tapi terkadang kita harus melakukan setting pada bios agar melakukan booting dari USB/Flashdisk terlebih dahulu.

Ini sangat berguna untuk melakukan instalasi di komputer yang DVDROM-nya rusak, netbook yang memang tidak dilengkapi dengan DVDROM atau semacamnya. Dan keuntungan lainnya, karena media yang digunakan adalah USB/Flashdisk maka kecepatan installnya juga bisa jauh lebih cepat dibandingkan menggunakan DVD biasa.

Selamat Mencoba…(TRY)

 

1 komentar

Fungsi Flashdisk, Minggu, 7 Feb 2016

[…] Fungsi Flashdisk yang Jarang Diketahui […]

Balas

TINGGALKAN KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Arsip