SEKILAS INFO
: - Senin, 22-07-2024
  • 1 bulan yang lalu / Ingin ikut berqurban di Pesantren ??  Hub (WA) 0821-2000-9366 (Ust. Muh. Sidiq)
  • 6 bulan yang lalu / Bingung pilih pondok Tahfidz atau pondok IT ? di Darul Fithrah kamu bisa dapat keduanya. Lebih Efektif & Efisien
  • 10 bulan yang lalu / Penerimaan Santri Baru ponpes Darul Fithrah resmi di buka
Keutamaan Membaca Surat Al Mulk

Beberapa keutamaan membaca surat Al Mulk berikut ini :

1. Memberi Syafaat di Akhirat Nanti

Dalam buku Panduan Praktis Doa dan Dzikir Sehari-hari oleh Abduh Zulfidar Akaha, keutamaan membaca surat Al Mulk adalah dapat memberi syafaat bagi umat muslim akhirat kelak. Hal tersebut dijelaskan dalam hadits riwayat Tirmidzi yang berbunyi:

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ عَبَّاسٍ الْجُشَمِىِّ عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ إِنَّ سُورَةً مِنَ الْقُرْآنِ ثَلاَثُونَ آيَةً شَفَعَتْ لِرَجُلٍ حَتَّى غُفِرَ لَهُ وَهِىَ سُورَةُ تَبَارَكَ الَّذِى بِيَدِهِ الْمُلْكُ

Artinya: “Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar, telah menceritakan pada kami Muhammad bin Ja’far, telah menceritakan kepada kami Syu’bah, dari Qotadah, dari ‘Abbas Al Jusyamiy, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Ada suatu surat dari Al-Qur’an yang terdiri dari tiga puluh ayat dan dapat memberi syafa’at bagi yang membacanya, sampai dia diampuni, yaitu: Tabaarakalladzii biyadihil mulku…” (Surat Al Mulk)” (HR Tirmidzi).

2. Dilindungi dari Siksa Kubur

Siksa kubur selalu menanti manusia yang tidak taat pada ajaran Allah SWT ketika masih hidup di dunia. Agar selamat dari siksa kubur, Rasulullah SAW menganjurkan kepada seluruh umat muslim untuk membaca surat Al Mulk.

Dalam buku Tafsir Ibnu Katsir karya Mahir Ahmad Ash-Shufiy, hal tersebut dijelaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh An-Nasa’i :

عَنْ عَبْدِ اللهِ بن مَسْعُودٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ قَرَأَ تَبْرَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ … كُلَّ لَيْلَةٍ مَنَعَهُ اللَّهُ بِهَا مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ

Artinya: “Abdullah bin Mas’ud berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa saja yang membaca surah Al-Mulk setiap malam, Allah akan melindunginya dari siksa kubur.” (HR An-Nasa’i)

3. Diamalkan Rasulullah Sebelum Tidur

Nabi Muhammad SAW menganjurkan kepada umat muslim untuk membaca surat Al Mulk sebelum tidur. Hal ini telah dijelaskan dalam sebuah hadits sebagai berikut:

عَنْ جَابِرٍ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ لَا يَنَامُ حَتَّى يَقْرَأَ: المَ تَنْزِيلُ وَتَبَرَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ

Artinya: “Jabir berkata : “Nabi biasa tidak tidur sehingga membaca surah As-Sajdah dan Al-Mulk terlebih dahulu.” (HR At-Tirmidzi, An-Nasa’i, Ahmad dan Al Hakim)

4. Diampuni Dosa-dosanya

Dalam suatu hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda bahwa membaca surat Al Mulk dapat memberikan syafaat kepada umat muslim sampai ia diampuni dari dosa-dosanya.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: مِنَ القُرْآنِ سُوْرَةٌ ثَلَاثُوْنَ آيَةً شَفَعَتْ لِرَجُلٍ حَتَّى غُفِرَ لَهُ، وَهِيَ تَبْرَكَ الَّذِي بِيَدِهِ المُلْكُ

Artinya: “Dari Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah bersabda, “Di antara Al-Qur’an ada surah yang berisi 30 ayat yang dapat memberi syafaat kepada seseorang sampai ia diampuni, yaitu surah Al-Mulk.(HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

Wallahua’lam

Ust. Muadz Az Zhuhdi

TINGGALKAN KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.