SEKILAS INFO
: - Sabtu, 27-04-2024
  • 1 bulan yang lalu / Telah di buka SEDEKAH BUKA PUASA UNTUK SANTRI Darul Fithrah, mari kita raih pahala sebanyak banyaknya salah satunya dengan memberi makan dan minum orang yg berpuasa di bulan Ramadhan yg mulia ini.
  • 1 bulan yang lalu / Bulan Ramadhan adalah bulan Al Qur’an , mari kita gunakan waktu di bulan Ramadhan ini untuk memperbanyak membaca dan mentadabburi isi Al Qur’an.
  • 3 bulan yang lalu / Bingung pilih pondok Tahfidz atau pondok IT ? di Darul Fithrah kamu bisa dapat keduanya. Lebih Efektif & Efisien
Kajian Pendidikan bertema"Mendidik Anak di Era Digital." Ponpes Darul Fithrah

Kamis, 7 Desember 2023

Pondok Pesantren Tahfidz dan IT Darul Fithrah mengundang Ustadz Nasional Mohammad Fauzil Adhim dalam acara kajian pendidikan.

Kajian ini diikuti oleh Yayasan Al Fithrah beserta seluruh staf dan lembaga pendidikan yang berada dibawah naungannya

Kajian pendidikan bertemakan “mendidik anak di era digital” ini diadakan untuk memperbaiki dan menyiapkan generasi hari ini.

Dalam penyampaiannya ustadz Mohammad Fauzil Adhim menekankan bahwa pentingnya kita kembali kepada asal usul yaitu adalah manusia diciptakan dalam keadaan fithrah imaniyah. Maka orang tua sangat berperan dan punya pengaruh besar terhadap anak tersebut dan bahwa generasi hari ini dan generasi dahulu semua anak terlahir sama.

Mengenai pendidikan anak di dunia digital bahwa gadget sebenarnya adalah benda mati yang tidak memiliki nyawa dan butuh bantuan seseorang untuk mengoperasikannya sehingga gadget tidak punya pengaruh apabila tidak diberikan oleh orang tua kepada anak, pun jika sudah diberikan kepada anak pengaruh tersebut tidak bisa berlaku ketika dibatasi oleh orang tua.

Dari dari kajian pendidikan ini diharapkan para guru orang tua menyadari pentingnya untuk kita memperhatikan anak mendengarkan mereka dengan seksama menjadi teman tempat berbagi dan juga tempat bercerita

Mudah mudahan mampu meniru apa yang menjadi prinsip daripada pendidikan Islam yaitu adalah mencontoh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam sesuai apa yang Allah subhanahu wa ta’ala turunkan dalam Alquran dan juga melalui sunnah nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam

Imam Malik Rahimahullah (w. 179 H) pernah mengucapkan kata-kata inspiratif:

لَنْ يُصْلِحَ آخِرَ هَذِهِ الْأُمَّةِ إلَّا مَا أَصْلَحَ أَوَّلَهَا

Generasi akhir umat ini tidak akan pernah jaya kecuali dengan apa yang membuat jaya generasi awalnya.

Imam Ibnu Taimiyah, Majmu’ al Fatawa, jilid. 20, hal. 375

TINGGALKAN KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Arsip