SEKILAS INFO
: - Selasa, 27-02-2024
  • 1 bulan yang lalu / Bingung pilih pondok Tahfidz atau pondok IT ? di Darul Fithrah kamu bisa dapat keduanya. Lebih Efektif & Efisien
  • 5 bulan yang lalu / Penerimaan Santri Baru ponpes Darul Fithrah resmi di buka
Tiga Tipe Manusia dalam Mencari Ilmu

Dalam kehidupan kita ini terdapat tiga tipe manusia dalam mencari ilmu. Ada tipe manusia yang serius dan sungguh-sungguh mencari ilmu. Ada tipe manusia yang tidak serius mencari ilmu. Ada pula yang tidak mau mencari ilmu. Berkaitan dengan tiga tipe manusia itu, Rasulullah menerangkan dalam sebuah hadist nya sebagai berikut:

Dari Abu Waqid al-Laitsy, sesungguhnya Rasulullah saw sedang duduk di masjid dan bersama beliau duduk pula para jamaah masjid (para sahabatnya) mendengarkan petuah, nasihat, dan ilmu dari Rasulullah saw. Tiba-tiba datang tiga orang. Dua di antaranya mendekat kepada Rasulullah dan jamaah itu, dan satu lagi pergi. Ketika kedua orang itu berhenti di dekat Rasulullah lalu mengucapkan salam.

Salah satu dari keduanya melihat ada satu celah (tempat yang kosong) di antara jamaah (para sahabat) yang sedang duduk itu, lalu dia duduk di tempat itu. Adapun yang satu lagi duduk-duduk di belakang jamaah Rasulullah. Yang satu lagi pergi meninggalkan kelompok jamaah yang sedang duduk bersama Rasulullah itu.

Setelah Rasulullah selesai memberi pengajian, lalu Rasulullah berkata kepada para jamaahnya (sahabatnya): “Maukah kalian aku ceritakan tentang tiga tipe manusia? Salah satu di antara tiga orang itu mengambil tempat berlindung kepada Allah, lalu Allah melindunginya. Yang kedua di antara mereka merasa malu untuk mengambil tempat di tengah-tengah jamah, lalu Allah membuatnya malu kepada Allah. Yang ketiga pergi dan berpaling dari Allah,  dalam hadist nya itu, tipe yang pertama adalah tipe manusia yang paling baik, yang dipuji oleh Rasulullah. Dia mau bergabung dalam majelis ilmu Rasulullah saw. dan mendengarkan ilmu yang diberikan Rasulullah. Tipe manusia pertama ini berlindung kepada Allah dan mendekat kepada-Nya, lalu Allah melindunginya dan mendekat kepadanya.

Tipe kedua adalah tipe manusia yang mau belajar, tetapi setengah hati, tidak serius, merasa malu untuk belajar dan mencari ilmu. Karena dia merasa malu mencari ilmu, lalu Allah pun membuat dia malu kepada Allah.

Tipe yang ketiga adalah tipe manusia yang tidak mau belajar, dan berpaling dari majelis ilmu. Karena sikap tidak mau itu, lalu Allah pun membuat dia berpaling dari Allah.

Untuk itu, maka pilihlah tipe manusia yang pertama, yang mau bergabung dengan majelis ilmu, orang yang sungguh-sungguh belajar, orang yang senang terhadap ilmu. Tipe manusia seperti inilah yang mendapat perlindungan dari Allah.

Semoga bermanfaat bagi kita.

Al faqir ilallah

Umar Yasman

TINGGALKAN KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pengumuman Terbaru

Penerimaan Santri Baru 2023/2024

Arsip