SEKILAS INFO
: - Rabu, 05-10-2022
  • 1 minggu yang lalu / Ahad, 25 September 2022 pukul 08.00  Tabligh Akbar bersama Ust. Kholil Abu Ausath, SE
  • 1 bulan yang lalu / Sabtu 6 Agustus 2022 | Kajian Umum Tafsir Mimpi bersama Syaikh Ghamdan Ahmad Riziq Syuraih asal Yaman
  • 2 bulan yang lalu / Ahad 31 Juli 2022 | Kajian Ahad pagi bersama Ust Bahak Asadullah LC (Ketua Tahfidz Sanad Darul Fithrah | Alumni Universitas Islam Sudan Afrika
Peluang Industri Animasi untuk Dakwah

Siapa yang tidak mengenal animasi yg satu ini. Karakternya yang lucu dan dominan disukai anak-anak menjadikan animasi ini sangat diminati oleh semua kalangan terutama anak-anak. Selain sebagai hiburan animasi ini juga merupakan sebuah sarana dakwah yang bisa menanamkan nilai adab dan pengetahuan tentang Islam.

Animasi diatas hanya sebagian kecil saja dari contoh karya karya animasi yang tujuanya untuk berdakwah dan menyebarkan nilai nilai islam dalam kehidupan kita, ada juga animasi yang lain seperti Syamil dan Dodo, Riko The Series,Omar dan Hana dan yang lainya. Sayangnya masih sedikit sekali yg series animasi yang berfokus kepada dakwah dan nilai nilai islam, kebanyakan animasi saat ini hanya mengedepankan hiburan dan tontonan yang menarik tanpa disisipkan nilai nilai moral di dalamnya, sehingga tidak heran banyak anak anak atau para remaja yang sering meniru atau ingin bisa seperti superhero atau karakter yang sering ia tonton.

Saat ini perkembangan industri animasi semakin hari semakin berkembang, banyak kita jumpai di kehidupan kita mulai dari saat kita menonton film bermain game semuanya melibatkan animasi di dalamnya.

Di era sekarang ini, telah banyak kita jumpai anak-anak yang sering bermain gadget untuk bermain game atau menonton film animasi. Hal itulah yang membuat mereka tertarik dan rela menghabiskan waktu mereka untuk berlama-lama menikmati hal itu tanpa mengenal waktu.

Sebagai orang tua kadang kita juga khawatir ketika anak-anak kita sering bermain game atau menonton film yang yang kurang bermanfaat dan menjauhkannya dari nilai-nilai Islam.
Hal itu terbukti dengan banyaknya anak-anak ataupun remaja yang meluangkan waktu setiap harinya untuk bermain game ataupun menonton film animasi.
Kebanyakan dari kita hanya sebagai konsumen yang terus menikmati hal itu tanpa mengetahui dampak buruk di baliknya semakin hari dapat mengikis nilai-nilai Islam dalam kehidupan kita.

Padahal jika kita mau berpikir, perkembangan film-film animasi yang beredar saat ini dapat kita jadikan sebuah wadah untuk menyebarkan nilai-nilai Islam yang relevan sehingga anak-anak atau kepala remaja bisa tertarik dengan nilai-nilai Islam, alhasil bukan hanya sebagai konsumen namun kita selaku seorang muslim seharusnya juga peka dan bisa memanfaatkan sebuah peluang itu untuk menyebarkan dakwah fisabilillah.
Dapat kita hitung dengan jari perkembangan animasi-animasi Islam masih sangat sedikit sekali, di lain kubu banyak sekali kita jumpai animasi-animasi yang yang hanya sebagai sarana hiburan dan kurang dapat kita ambil faedah dalam kehidupan sehari-hari.


Pada tahun 2022 ini telah banyak berdiri sekolah-sekolah animasi terutama di Indonesia hal inilah yang seharusnya dapat kita jadikan sebuah peluang untuk menyebarkan nilai-nilai Islam dalam sebuah wadah bernama animasi.
Kita semua berharap semoga ada di antara kita yang bisa berjuang dan berdakwah lewat sarana dan media komunikasi modern saat ini terutama dalam bidang animasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pengumuman Terbaru

Daurah Karantina Persiapan 30 Juz Sekali Duduk

Daurah Hifdzut Tanzil Daurah Tahfidz 10 hari 5 juz

Arsip