SEKILAS INFO
: - Kamis, 28-03-2024
  • 1 minggu yang lalu / Telah di buka SEDEKAH BUKA PUASA UNTUK SANTRI Darul Fithrah, mari kita raih pahala sebanyak banyaknya salah satunya dengan memberi makan dan minum orang yg berpuasa di bulan Ramadhan yg mulia ini.
  • 1 minggu yang lalu / Bulan Ramadhan adalah bulan Al Qur’an , mari kita gunakan waktu di bulan Ramadhan ini untuk memperbanyak membaca dan mentadabburi isi Al Qur’an.
  • 2 bulan yang lalu / Bingung pilih pondok Tahfidz atau pondok IT ? di Darul Fithrah kamu bisa dapat keduanya. Lebih Efektif & Efisien

Dari kejauhan terlihat seorang pemuda sedang menaiki sepeda motor lengkap dengan tas helm dan sepatu di kakinya. “Yes, hari ini pulang lebih awal, akhirnya bisa santai di rumah”. Tak lama kemudian ia mulai menyalakan handphone, sambil tiduran dan diiringi angin sejuk kipas angin , sambil menikmati setoples makanan ringan yang telah ia siapkan , rasanya seolah olah dunia ini hanya milik mereka berdua.

Ibunya pun berkata “nak tolong belikan kan kan kerupuk  di warung sebelah”. Sembari sibuk dengan HP nya ia berceloteh “Mama nggak tahu ya aku kan capek, habis pulang sekolah banyak tugas lagi ,suruh adek aja, lagi banyak kerjaan nih” sembari memiringkan handphone dan melakukan rutinitas hariannya main game online.

Itulah gambaran pemuda sekarang, fisiknya masih kuat, usianya pun masih pada puncak puncaknya, pikirannya pun masih fresh tidak terbebani dengan  mengasuh anak atau bekerja membanting tulang sebagaimana orang tua, ia belum mapan finansialnya, masih mengandalkan duit orang tua untuk membeli bensin dan kuota. Belum juga memiliki ilmu maupun pengalaman yang mumpuni, dan tidak memiliki semangat untuk membantu perjuangan umat Islam.

21 tahun adalah usia dimana sang panglima terbaik mampu mewujudkan janji Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, di umur tersebut ia sudah di amanahkan oleh umat untuk pemimpin peradaban Islam dan menyebarkan Islam di wilayah wilayah Eropa ia adalah Sultan Muhammad Al Fatih, seorang pemuda yang luar biasa yang memiliki semangat untuk melanjutkan perjuangan umat Islam.

Setiap orang memiliki potensi dalam dirinya yang bisa ia gunakan untuk kepentingan dirinya maupun orang lain, para sahabat pun juga demikian ada di antara mereka yang sangat pandai dalam berbisnis ataupun berniaga seperti halnya Abdurrahman bin auf, ada juga diantara sahabat yang memiliki keterampilan dalam menguasai strategi berperang sebagaimana Khalid bin Walid, ataupun ada juga yang pandai dalam hal diplomasi sebagaimana Amru bin ash.

Coba kita berpikir apa jadinya jika Abdurrahman bin auf yang diutus untuk membebaskan Persia dan Romawi? Tentu tak akan sehebat Khalid bin Walid, dan apa jadinya jika Khalid bin Walid terjun ke dunia bisnis dan perdagangan tentu tak akan sehebat Abdurrahman bin auf, maka itulah peran mereka, potensi yang Allah anugrahi dalam dirinya semaksimal mungkin digunakan untuk dirinya nya dan kepentingan umat Islam.

Begitu juga para pemuda seharusnya bisa mencari dan menemukan apa saja potensi yang ada dalam dirinya. Bukan hanya membuang waktu dan umurnya untuk maksiat dan hal yang sia sia, karena suatu saat nanti umur dan waktukita akan dimintai pertanggungjawaban dihadapan Allah SWT. Sebagaimana Sabda Rasulullah Saw: “Manfaatkan lima keadaan sebelum datang lima: masa mudamu sebelum masa tuamu, masa sehatmu sebelum masa Rasulullah Saw bersabda: “Manfaatkan lima keadaan sebelum datang lima: masa mudamu sebelum masa tuamu, masa sehatmu sebelum masa sakitmu, masa sempatmu sebelum masa sempitmu, masa kayamu sebelum datangnya fakirmu, dan masa hidupmu sebelum datangnya matimu.” (HR. Al Hakim dan Al Baihaki)
    Maka, itu adalah tugas orang tua untuk bisa mencari mutiara-mutiara yang selama ini terpendam dalam diri seorang pemuda, jika mutiara itu bisa dikeluarkan maka akan menjadi sesuatu yang berharga yang akan  dibutuhkan banyak orang. Sebagaimana Soekarno pernah berkata “berikan aku 10 pemuda maka akan kuguncang dunia”, itulah kehebatan pemuda yang mampu merubah peradaban dunia sebagaimana peradaban Islam yang mampu mengguncang dunia karena peran seorang pemuda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Arsip